Manager Tips : Bagaimana menghadapi atasan Anda

MP900423068

Hal yang penting bagi Anda sebagai manajer untuk memperhatikan sikap Anda terhadap atasan. Keberhasilan masa depan Anda tergantung baik pada bawahan dan atasan Anda. Jika Anda baru saja dapat promosi, Anda merasa bersyukur kepada atasan Anda. Anda juga senang bahwa eksekutif puncak cukup tanggap untuk mengenali bakat Anda. Tapi tanggung jawab baru Anda menuntut sebuah level loyalitas baru dari Anda. Selain itu, Anda sekarang adalah bagian dari tim manajemen. Anda tidak bisa menjadi anggota tim yang baik tanpa mengidentifikasi diri dengan tim. Yang perlu diingat, bagaimanapun, bahwa seseorang yang unggul di perusahaan tidak selalu lebih pintar dari Anda. Bos Anda mungkin lebih berpengalaman dari Anda, mungkin telah dengan perusahaan lagi, atau mungkin di posisi teratas karena alasan lain. Hal ini juga mungkin, bagaimanapun, bahwa bos Anda diperlakukan dengan sangat baik dan memang lebih pintar daripada Anda.

Loyalitas kepada Atasan
Loyalitas telah jatuh ke dalam level kehinaan yang luas. Loyalitas buta tak pernah cukup untuk merekomendasikan hal ini, tetapi menjadi setia bukan berarti menjual jiwa Anda. Perusahaan Anda dan atasan Anda tidak keluar untuk merusak dunia. Jika mereka begitu, mereka tidak layak mendapat loyalitas dari Anda. Lebih penting lagi, Anda tidak harus bekerja untuk mereka. Jadi mari kita asumsikan Anda yakin bahwa tujuan perusahaan Anda patut dihargai dan Anda senang berhubungan dengan tujuannya. Jenis kesetiaan yang kita bicarakan berhubungan dengan melaksanakan kebijakan atau keputusan yang Anda dukung secara moral. Mari kita asumsikan posisi Anda dengan perusahaan memungkinkan Anda untuk memberi beberapa masukan ke dalam keputusan yang berkaitan dengan area tanggung jawab Anda. Anda harus berusaha untuk memperlihatkan bahwa masukan tersebut bijaksana dan memiliki dasar luas mungkin. Jangan menjadi manajer yang berpikiran sempit yang membuat rekomendasi yang dirancang untuk menguntungkan hanya area tanggung jawabnya sendiri saja. Ketika ini terjadi, saran anda tidak akan lagi dicari karena tidak memiliki dasar yang luas. Jika Anda membuat rekomendasi yang luas dan mewakili kebaikan perusahaan, saran Anda akan lebih sering dicari. Yang penting di sini adalah bahwa keterlibatan Anda dalam proses pengambilan keputusan dapat melampaui tingkat manajerial Anda sendiri.

Pada suatu kesempatan, apabila keputusan atau kebijakan yang dibuat bertentangan dengan pendapat yang Anda nyatakan, Anda akan diharapkan untuk mendukung keputusan atau kebijakan, dan Anda bahkan mungkin diminta untuk melaksanakannya. Tanyakan atasan Anda mengapa keputusan itu dibuat, jika Anda tidak tahu. Cari tahu apa pertimbangan penting yang menjadi dasar dirumuskannya kebijakan tersebut. Tentukan apa yang dapat Anda lakukan terhadap proses yang menyebabkan keputusan diambil.

Filosofi lama yaitu mengikuti pemimpin yang membabi buta tidak lagi memegang peran penting di lingkaran manajemen hari ini. Meskipun demikian, banyak manajer dan eksekutif senior pasti berharap loyalitas buta masih ada. Jika Anda akan melakukan pekerjaan yang luar biasa, Anda memiliki hak untuk memahami alasan di balik keputusan dan kebijakan perusahaan. Mungkin Atasan Anda sendiri adalah salah satu yang mengikuti otoritas yang lebih tinggi secara membabi buta dan menjadi penjaga informasi tentang manajemen puncak seolah-olah semua itu adalah rahasia dan Anda dianggap sebagai musuh. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu lebih politis dalam cara Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda. Jika itu adalah kebijakan yang mempengaruhi departemen lain, Anda dapat mencari tahu dari orang-orang selevel Anda di departemen – departemen tersebut. Jika seorang teman di Departemen X memiliki bos yang membagi informasi secara bebas dengan karyawan, mungkin relatif sederhana untuk mengetahui apa yang Anda ingin tahu cukup dengan secangkir kopi dengan teman Anda.

Tanggung Jawab yang Anda miliki
Ketika bekerja dan berkomunikasi dengan Atasan Anda, Anda memiliki tanggung jawab dalam membangun hubungan yang baik dengan orang ini. Anda perlu melakukan hal berikut:
• Pastikan manajer Anda dapat informasi tentang rencana, tindakan, dan proyek Anda.
• Berikan perhatian tentang waktu manajer Anda dan mencoba untuk atur jadwal
pertemuan atau rapat pada waktu yang nyaman untuk Atasan Anda.
• Sampaikan argumen dan perhatian Anda secara logis dan obyektif dan siapakan contoh dan fakta untuk mendukung apa yang Anda katakan.
• Bersedia untuk mendengarkan sudut pandang atasan Anda.Atasan Anda mungkin benar!

Sumber : Loren B. Belker & Gary S. Topchik. THE FIRST-TIME MANAGER.FIFTH EDITION. AMACOM. 2005

Share artikel ini via :
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | BestInCellPhones.com Offers BlackBerry Phones for Sale. | Thanks to Wordpress Themes, MMORPGs and Conveyancing
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://peoplewit.com/manager-tips-bagaimana-menghadapi-atasan-anda/
LinkedIn
Read previous post:
wit10
Sikap Bawahan Yang Paling Tidak Disukai Atasannya

learnwit
Mengenal Tools Management : Knowledge Management By Yudha Argapratama

wit8
Sikap Atasan Yang Paling Tidak Disukai Bawahannya

Close